Senin, 20 Juli 2020

Pengertian dan Konsep Sejarah

 APAKAH SEJARAH ITU?
Pertanyaan ini tampak sederhana, akan tetapi apabila kita teliti dan
renungkan arti serta inti hakikatnya mengandung makna yang dalam dan
luas. Guna memberikan jawaban yang sewajarnya terhadap pertanyaan
tersebut di atas maka kita harus mengadakan tinjauan mengenai konsep
sejarah secara agak luas dari berbagai segi. Sebelum sampai pada uraian
definisi sejarah perlu kiranya sedikit uraian dari segi etimologi dan
terminologi.

Asal Kata dan Arti Kata serta Istilah Sejarah
Dari manakah asal kata sejarah itu?
Perkataan sejarah mula-mula berasal dari bahasa Arab “syajara”, artinya
terjadi, “syajaratun” (baca: syajarah) artinya pohon kayu. Pohon
menggambarkan pertumbuhan terus-menerus dari bumi ke udara dengan
mempunyai cabang, dahan dan daun, kembang atau bunga serta buahnya.
Memang di dalam kata sejarah itu tersimpan makna pertumbuhan atau
kejadian (Yamin, 1958: 4).
Begitulah sejarah yang berarti pohon, juga berarti keturunan, asal-usul
atau silsilah. Orang yang sudah lama berhubungan dengan ilmu sejarah,
termasuk mereka yang mempelajarinya dengan agak mendalam, arti kata
syajarah tidak sama dengan kata sejarah, akan tetapi kedua perkataan itu
berhubungan satu dengan yang lain.
Sejarah bukan hanya berarti pohon, dalam arti “pohon keluarga" juga
tidak hanya berarti keturunan, asal-usul dan silsilah. Walaupun demikian,
kalau kita mempelajari sejarah, sekurang-kurangnya kita tentu mempelajari
keturunan, asal-usul dan silsilah (syajarah an-nasab).
Sepintas lalu telah kita ikuti arti kata sejarah ditinjau dari sudut
etimologi, yang menggambarkan sifat seperti pohon kayu. Namun demikian
bukanlah dimaksudkan bahwa sejarah itu secara biologis; tumbuh,
berkembang, berbuah atau tidak dan akhirnya mati, benar-benar bagaikan
pohon kayu. Sejarah memang tumbuh hidup, berkembang dan bergerak terus
dan akan berjalan terus tiada hentinya sepanjang masa.
2. Definisi dan Rumusan Sejarah
Definisi sejarah menurut Edward Hallet Carr ialah sebagai berikut.
"History is a continuous process of interaction between the historian and
his facts, an unending dialogue between the present and the past."
(Carr, 1982:30)
(Sejarah ialah suatu proses interaksi serba terus antara sejarawan dengan
fakta-fakta yang ada padanya; suatu dialog tiada henti-hentinya antara
masa sekarang dengan masa silam).
Sedangkan menurut Robert V. Daniels dengan singkat dikatakan, bahwa:
“History is the memory of human group experience." (Sejarah ialah
kenangan pengalaman umat manusia). Dalam pada itu James Banks
menyatakan bahwa "All past event is history (History as actuality!). History
can help students to understand human behaviour in the past, present and
future. (New goals for historical studies).” Artinya, bahwa semua peristiwa
masa yang lampau adalah sejarah (sejarah sebagai kenyataan!). Sejarah dapat
membantu para siswa untuk memahami perilaku manusia pada masa yang
lampau, masa sekarang dan masa yang akan datang (tujuan-tujuan baru
pendidikan sejarah).
Selanjutnya dapatlah kita telaah rumusan sejarah menurut Muhammad
Yamin yang berbunyi sebagai berikut. "Sejarah ialah ilmu pengetahuan
dengan umumnya yang berhubungan dengan cerita bertarikh sebagai hasil
penafsiran kejadian-kejadian dalam masyarakat manusia pada waktu yang
lampau, yaitu susunan hasil penyelidikan bahan-bahan tulisan atau tandatanda
yang lain (Yamin, 1957: 4).
Konsep Berpikir Kronologis
Secara sempit, kronologi bisa diartikan sebagai urutan waktu kejadian. Untuk itu, konsep berpikir kronologis menuntut kita untuk bisa berpikir secara runtut, teratur, sesuai dengan urutan waktu dan tidak melompat-lompat atau berbalik (anakronis). 
Dengan konsep berpikir kronologis, sejarah bisa memberikan gambaran utuh suatu peristiwa sesuai dengan urutan waktu kejadian. Dengan kata lain, kronologi bisa membantu merekonstruksi kembali suatu peristiwa bersejarah sesuai dengan urutan waktunya. 
Nah, dalam kehidupan sehari-hari, konsep berpikir kronologis ini sangat dibutuhkan untuk memecahkan masalah. Kalau kamu enggak berpikir secara runtut dan berkesinambungan, tentu saja kamu enggak bisa memecahkan masalah atau menemukan solusi yang tepat.

Konsep Berpikir Periodisasi
Periodisasi adalah pembabakan waktu yang merupakan salah satu bentuk penulisan sejarah guna memahami rangkaian peristiwa sejarah. Catatan periodisasi sifatnya subjektif (tergantung terhadap tulisan sejarawan) dalam kerangka penulisannya.
Menurut Prof. Dr. Sartono Kartodirdjo, periodisasi dibuat berdasarkan derajat integrasi yang pernah dicapai Indonesia pada masa lalu dan dipengaruhi oleh faktor ekonomi yang memengaruhi perkembangan budaya, kultur, politik, dan sosial di Indonesia, sehingga kita bisa membuat periodisasi yang bisa dibedakan jadi 2, yaitu pengaruh Hindu dan pengaruh Islam.

Biar kamu enggak bingung, berikut ini merupakan contoh periodisasi sejarah Indonesia menurut beberapa tokoh.

Prof. Dr. Sartono Kartodirdjo
  • Prasejarah
  • Zaman Kuno
    • 1)  Masa kerajaan-kerajaan tertua.
    • 2)  Masa Sriwijaya (dari abad VII – XIII atau XIV).
    • 3)  Masa Majapahit (dari abad XIV – XV).
  • Zaman Baru
    • 1)  Masa Aceh, Mataram, Makassar/Ternate/Tidore (sejak abad XVI).
    • 2)  Masa perlawanan terhadap Imperialisme Barat (abad XIX).
    • 3)  Masa pergerakan nasional (abad XX).
  • Masa Republik Indonesia (sejak tahun 1945)

Mohammad Yamin
    • Zaman Prasejarah sampai tahun 0.
    • Zaman Protosejarah, tahun 0 sampai abad ke-4.
    • Zaman Nasional, dari tahun abad ke-4 sampai abad ke-6.
    • Zaman Internasional, yaitu abad ke-16 sampai kira-kira tahun 1900.
    • Abad Proklamasi mulai kira-kira tahun 1900.
H.J. de Graaf
Dalam buku yang berjudul Geschiedenis van Indonesia tahun 1949, H.J. de Graaf menuliskan periodisasi sejarah Indonesia sebagai berikut.
    • Orang Indonesia dan Asia Tenggara (sampai 1650) yang meliputi:
      • 1)  Zaman Hindu;
      • 2)  Zaman penyiaran Islam dan berdirinya kerajaan Islam.
    • Bangsa Barat di Indonesia (1511-1800).
    • Orang Indonesia pada zaman VOC (1600-1800).
    • Organisasi VOC di luar Indonesia.
    • Orang Indonesia dalam lingkungan Hindia Belanda (sesudah 1800) diakhiri dengan pemerintahan Ratu Wilhelmina.
Tugas:
Apa pengertian sejarah menurut kalian?
Tulis jawaban kalian di kolom komentar.

34 komentar:

  1. Assalamualaikum saya ahmed desta sandriko musdazasulin dari kelas X ipa 4 menurut saya sejarah adalah mengenang masa lampu atau masa lalu yang sudah terjadi sejak lama

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum, saya Angken Kesuma Dewi dari kelas X IPA 4 ingin menjawab tugas dari bpk Putut, menurut saya sejarah adalah kejadian di masa lampau yang disusun dengan berbagai peninggalan peninggalan pada masa tersebut

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum,saya Calista Manda Widyapalastri dari kelas X IPA 4 menurut saya sejarah adalah kejadian yang terjadi di massa lampau yang disusun dengan adanya peniggalan-peninggalan dan peristiwa-peristiwa yang terjadi dimasa tersebut

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum,saya Andini Rahma Kemala dari kelas X IPA 4. Menurut saya sejarah adalah kejadian² di masa lalu atau masa lampau yang meninggalkan berbagai kejadian dan peristiwa yang bisa dijadikan ilmu hingga sekarang

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum saya NURUL ISMANIA xipa4 ingin menjawab, "sejarah cerita
    asal usul suatu objek atau kejadian dengan fakta fakta yg ada secara kronologis. Guna pembelajaran di masa depan dengan cara membaginya perbab perzaman atau semacamnya tergantung sejarah itu sendiri. Agar kejadian kejadian perjalanan hidup manusia pada waktu yg lampau lebih mudah dipahami

    BalasHapus
  6. Assalamu'alaikum, saya Sabrina Chantika Putri dari kelas X IPA 4,menurut saya sejarah adalah peristiwa yang terjadi di masa lampau, peristiwa-peristiwa itu disusun secara rapih dengan bukti adanya peninggalan-peninggalan dari masa tersebut agar dapat dipelajari di masa selanjutnya untuk mengembangkan kehidupan

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum,saya PUTRI APRILIA dari kelas X IPA 4 ingin menjawab "sejarah adalah peristiwa yang telah terjadi pada masa lalu dan dapat diketahui melalui peninggalan pada masa peristiwa terjadi"

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum,saya PUTRI APRILIA dari kelas X IPA 4 ingin menjawab "sejarah adalah peristiwa yang telah terjadi pada masa lalu dan dapat diketahui melalui peninggalan pada masa peristiwa terjadi"

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum,saya PUTRI APRILIA dari kelas X IPA 4 ingin menjawab "sejarah adalah peristiwa yang telah terjadi pada masa lalu dan dapat diketahui melalui peninggalan pada masa peristiwa terjadi"

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum, saya Jihan Mutia A. dari kelas X IPA 4, menurut saya Sejarah adalah kejadian yang telah terjadi di masa lampau dalam kehidupan umat manusia yang berdasarkan peninggalan-peninggalan berbagai peristiwa

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum,saya micha damayanti dari kelas X IPA 4,menurut sayaa sejarah adalah peristiwa yang telah terjadi d masa lampau,yang menggambarkan peristiwa tentang kenyataan,yang terjadi sebuah peninggalan-peninggalan d masa tersebut

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum,saya micha damayanti dari kelas X IPA 4,menurut sayaa sejarah adalah peristiwa yang telah terjadi d masa lampau,yang menggambarkan peristiwa tentang kenyataan,yang terjadi sebuah peninggalan-peninggalan d masa tersebut

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum,saya Bulan Nabila Maharani dri kelas X IPA 4 ingin menjawab menurut saya sejarah adalah kejadian di abad abad yg lalu atau masa lampau,khususnya bagaimana kaitannya dengan manusia dan meninggalkan peninggalan2 dan juga pristiwa pasa masa tersebut.

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum pak,sya Delta Atita dari kelas X IPA 4 ingin menjawab “ sejarah adalah ilmu yg menyelidiki perkembangan pristiwa dan kejadian-kejadian di masa lampau ATAU kejadian/ pristiwa yang berhubungan dengan manusia yaitu menyangkut perubahan yang nyata di dalam kehidupan manusia”

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum,saya Dandi Junaedi dari kelas X IPA 4. Menurut saya sejarah adalah peristiwa yang terjadi di masa lampau yang disusun dengan adanya peninggalan-peninggalan pada zaman dahulu.

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum , Saya Nazwa andini dari kelas x IPA 4. Menurut saya Sejarah ialah merupakan sebuah peristiwa atau kejadian yang dimana telah terjadi pada masa lalu dan dapat diketahui melalui peninggalan-peninggalan pada masa itu sendiri.

    BalasHapus
  17. Assalamualikum,saya Yulia kamila dari kelas X IPA 4, menurut saya sejarah adalah kejadian-kejadian atau peristiwa dalam masyarakat manusia yang terjadi di jaman dulu atau pada masa lampau yang meninggalkan sejarah atau peninggalan-peninggalan jaman dulu

    BalasHapus
  18. Asalamualaikum, saya adhitya septian nugroho dari x ipa 4, menurut saya sejarah adalah peristiwa atau kejadian di masa lalu dan dapat di ketahui melalui peninggalan peninggalan pada masa lalu

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum,saya alifia zahrah bilqiis v,dari kelasXipa4 menurut saya sejarah adalah sangat berperan bagi kehidupan manusia,terutama sebagai referensi untuk hidup di masa depan.

    BalasHapus
  20. Assalamualaikum,saya alifia zahrah bilqiis v,dari kelasXipa4 menurut saya sejarah adalah sangat berperan bagi kehidupan manusia,terutama sebagai referensi untuk hidup di masa depan.

    BalasHapus
  21. Assalamualaikum, Saya Charina shelviani kelas X ipa4. Menurut saya sejarah adalah suatu peristiwa yang terjadi dimasa lalu yang menceritakan suatu kisah dan meninggalkan beberapa peninggalan sebagai bukti peristiwa tersebut.

    BalasHapus
  22. Assalamualikum,saya artika zahra a.s dari ipa 4 menurut saya sejarah adalah kisah atau cerita yang mengupas peristiwa kehidupan manusia pada masa lampau dan menjadi catatan tentang masyarakat manusia,peradaban dunia,dan perubahan- perubahan yang terjadi pada watak masyarakat itu

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum,saya Tri febrianto dari kelas x ipa4 menurut saya peristiwa adalah kejadian masa lalu pada manusia dan mahluk lainnya berupa fakta dan tafsiran penjelasan yang menggambarkan kejadian tersebut, serta disusun secara ilmiah supaya dapat mudah dipahami.

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum, saya Tiffany Wahdamevia kelas X ipa 4 izin menjawab, menurut saya Sejarah dikenal sebagai rangkaian kegiatan ataupun peristiwa pada masa lampau yang terdiri dari persekutuan beberapa negara,penjajahan negara asing,organisasi para negara untuk mencapai suatu tujuan.

    BalasHapus
  25. Assalamualaikum we.wb,saya Shani Raka Abdullah dari kelas X IPA 4
    Menurut saya sejarah adalah asal usul cerita yang terjadi pada masa lampau. Peristiwa yang dimaksud adalah peristiwa yang benar benar terjadi dan berdasarkan secara fakta, biasanya dalam sejarah kejadian dimasa lampau diceritakan dan diuraikan secara rinci,agar orang orang dapat membayangkan kejadian dengan benar benar jelas

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum, saya Najwa Syahirah Rosyan kelas X IPA 4.
    Menurut saya sejarah adalah peristiwa yg terjadi di masa lalu atau masa lampau dan dari semua peristiwa tersebut memiliki adanya bukti sehingga dapat disebut sebagai sejarah.

    BalasHapus
  27. Assalamualaikum saya Hani Gita Salsbila Dari kelas X ipa 4
    Menurut saya sejarah adalah kajian tentang masa lampau, khususnya bagaimana kaitan nya dengan manusia atau dapat di artikan sebagai kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau atau asal usul (keturunan) silsilah, terutama bagi raja-raja yang merintah.

    BalasHapus
  28. assalamualaikum, saya Qinthara farrasalya X ipa 4. Sejarah adalah kisah atau cerita yang mengupas peristiwa kehidupan manusia pada masa lampau. Peristiwa masa lampau dapat diketahui karena adanya bukti-bukti tertulis

    BalasHapus
  29. Assalamualaikum, saya Joko Prayogo dari IPA 4, menurut saya sejarah adalah adalah peristiwa yang telah terjadi pada masa lampau yang kebenarannya bisa kita buktikan dari peninggalan-peninggalan yang masih ada saat ini sebagai sumber informasi.

    BalasHapus
  30. Assalamualaikum, Saya Aryo Bagaskoro dari kelas X ipa 4. Menurut saya sejarah adalah hasil
    penafsiran kejadian-kejadian dalam manusia pada waktu yang
    lampau. Dan dapat digunakan untuk memahami perilaku manusia di masa lampau, sekarang, dan yg akan datang

    BalasHapus
  31. Assalmualikum,saya ambun putri qatrunada dari kelas X ipa4.menurut saya sejarah adalah peristiwa yang telah terjadi pada masa lalu dan dapat di ketahui melalui peninggalan pada masa peristiwa terjadi

    BalasHapus
  32. Assalamulaikum saya ZEKI DIMAS SAPUTRA dari ipa 4 dan saya ingin menjelaskan tentang sejarah,
    Sejarah adalah salah satu bidang ilmu yang meneliti dan menyelidiki secara keseluruhan perkembanggan masyarakat serta kemanusiaan di masa lampau beserta kejadian kejadian nya .

    BalasHapus
  33. Asalamualaikum sy JERNICHO ALVINDO BIASA DI PANGGIL NICHO ingin menjelaskan sedikit tentang pengertian sejarah
    .
    kajian tentang masa lampau, khususnya bagaimana kaitannya dengan manusia. Dalam bahasa Indonesia, sejarah, babad, hikayat, riwayat, tarikh, tawarik, tambo, atau histori

    BalasHapus
  34. Assalamualaikum,saya MUHAMAD RIZKI MAULANA dari kelas X IPA 4 ingin menjawab pertanyaan pak PUTUT "sejarah adalah peristiwa yang sudah terjadi pada masa lalu atau masa lampau yg terjadi sejak lama dan meninggalkan peninggalan peninggalan tertentu"

    BalasHapus