Kamis, 10 September 2020

Kehidupan Zaman Pra Aksara

   

                                     Ciri-ciri Kehidupan Manusia Praaksara

 

Manusia adalah makhluk yang paling sempurna. Meskipun masih primitif, akan tetapi ia dilengkapi dengan akan pikiran sehingga manusia dapat memikirkan cara-cara untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapinya. Demikian juga dengan manusia praaksara, ia mampu mengatasi kesulitan dan tantangan alam dengan memanfaatkan benda-benda yang ada disekitarnya.

Berdasarkan kemampuan teknologisnya, yang didasarkan pada alat-alat yang ditinggalkannya, periodisasi masyarakat praaksara Indonesia dapat dirinci menjadi

1. Zaman batu yang meliputi: palaeolithikummesozoikum, dan neolitikum.

2. Zaman logam yang meliputi: zaman tembaga, perunggu dan besi.

 

Zaman batu merupakan suatu periode dimana peralatan manusia pada saat itu dibuat dari batu. Dengan kemampuan yang terbatas manusia praaksara memanfaatkan batu untuk membantu mengatasi tantangan alam. Batu mereka manfaatkan untuk membuat kapak, pisau dan alat-alat lain yang menunjang kehidupan mereka pada saat itu. Sedangkan zaman logam merupakan suatu periode dimana manusia praaksara telah mengenal logam dan memanfaatkannya sebagai bahan untuk membuat alat-alat dan perkakas yang dibutuhkannya. Untuk lebih jelasnya marilah kita membahas masing-masing periode perkembangan manusia praaksara tersebut.

 

1. Zaman Palaeolithikum

 

Zaman palaeolithikum atau zaman batu tua merupakan zaman dimana peralatan manusia prasejarah dibuat dari batu yang cara pengerjaannya masih sangat kasar. Zaman ini berlangsung pada zaman pleistosen yang berlangsung kira-kira 600.000 tahun lamanya.

Pada saat itu manusia praaksara kehidupannya masih sangat sederhana. Mereka hidup berkelompok dengan anggota kelompok sebanyak 10-15 orang. Mereka sudah mengenal api, meskipun baru dimanfaatkan sebagai senjata untuk menghadapi makhluk hidup lain, atau untuk menakuti binatang buruan.

Manusia praaksara pada zaman palaeolithikum ini mendapatkan bahan makanan dengan cara berburu dan mengumpulkan makanan dengan memungut langsung dari alam (food gathering). Mereka sangat tergantung dengan persediaan makanan dari alam karena mereka belum mampu memproduksi makanan. Oleh karenanya mereka selalu berpindah pindah tempat (nomaden) mengikuti musim makanan. Apabila makanan di tempat mereka habis, maka mereka akan pindah ke tempat lain yang persediaan makanannya masih mencukupi.

Biasanya manusia purba hidup di dalam gua atau di pinggir sungai dengan tujuan utama untuk mempermudah dalam pencarian makanan. Sungai merupakan tempat yang paling memungkinkan untuk mendapatkan ikan. Sedangkan gua dapat mereka manfaatkan sebagai tempat untuk melindungi diri dari cuaca panas, hujan dan serangan dari binatang buas.

 

 

2. Zaman Mesolithikum

 

Zaman mesolithikum atau zaman batu tengah merupakan zaman peralihan dari zaman palaeolithikum menuju ke zaman neolithikum. Pada zaman ini kehidupan manusia praaksara belum banyak mengalami perubahan. Alat-alat yang dihasilkan masih terlihat kasar meskipun telah ada upaya untuk memper-halus dan mengasahnya.agar kelihatan lebih indah.

Pada masa ini manusia mulai hidup menetap dengan membuat rumah panggung di tepi pantai atau tinggal di dalam gua dan ceruk-ceruk batu padas. Manusia prasejarah juga mulai bercocok tanam dan telah terlihat mulai mengatur masyarakatnya. Mereka melakukan pembagian pekerjaan dimana kaum laki-laki berburu, sedangkan kaum wanita mengurusi anak dan membuat kerajinan berupa anyaman dan keranjang.

Manusia praaksara juga mulai mengenal kesenian. Di dalam sebuah gua di Maros (Sulawesi Selatan) ditemukan tapak tangan berwarna merah dan gambar babi hutan yang oleh para ahli diyakini sebagai bagian dari kebudayaan masyarakat prasejarah. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa kebudayaan mesolithikum dapat dikategorikan dalam dua unit budaya yaitu

 

3. Zaman Neolithikum

Zaman neolithikum atau zaman batu muda merupakan revolusi dalam kehidupan manusia praaksara. Hal ini terkait dengan pemikiran mereka untuk tidak menggantungkan diri dengan alam dan mulai berusaha untuk menghasilkan makanan sendiri (food producing) dengan cara bercocok tanam. Di samping bercocok tanam manusia praaksara juga mulai beternak sapi dan kuda yang diambil dagingnya untuk dikonsumsi.

Manusia praaksara juga telah hidup dengan menetap (sedenter). Mereka membangun rumah-rumah dalam kelompok-kelompok yang mendiami suatu wilayah tertentu. Peralatan yang digunakan juga telah diasah dengan halus sehingga kelihatannya lebih indah. Kebudayaan mereka juga telah mengalami kemajuan yang ditunjukkan dengan kemampuan mereka menghasilkan gerabah dan tenunan. Pola hidup menetap yang mereka jalani menghasilkan kebudayaan yang lebih maju, karena mereka mempunyai waktu luang untuk memikirkan kehidupannya.

 

4. Zaman Megalithikum

Zaman megalithikum atau zaman batu besar adalah suatu kebudayaan yang berkaitan dengan kehidupan religius manusia praaksara. Zaman megalithikum sejalan dengan zaman neolithikum karenanya lebih tepat bila disebut dengan kebudayaan megalithikum. Zaman megalithikum terbagi dalam dua fase pencapaian. Fase pertama terkait dengan alat-alat upacara, sedangkan fase kedua terkait dengan upacara penguburan. Kebudayaan megalithikum menghasilkan alat-alat antara lain:

 

1.    Menhir yaitu tugu batu yang dibuat dengan tujuan untuk menghormati roh nenek   

moyang.

2.    Dolmen yaitu meja batu dimana kakinya berupa tugu batu (menhir). Biasanya meja batu ini digunakan untuk meletakkan sesaji. Kadang-kadang dibawah dolmen adalah sebuah kuburan, sehingga orang sering menganggapnya sebagai peti kubur.

3.    Peti kubur yaitu potongan batu yang disusun menjadi sebuah peti yang digunakan untuk meletakkan jenazah.

4.    Sarkofagus yaitu keranda dari batu utuh (monolith)yang dianggap memiliki kekuatan magis.

5.    Waruga adalah peti kubur yang berbentuk kubus atau bulat.

6.    Punden berundak yaitu sebuah bangunan yang digunakan untuk sesaji yang merupakan bentuk dasar dari bangunan candi.

 

Sebelum belajar jangan lupa sholat Dhuha terlebih dahulu

Pertanyaan:

1.    Apa yang dimaksud dengan kepercayaan dinamisme, animisme dan totemisme?

2.    Mengapa manusia pra aksara pada masa itu hidup berburu dan meramu?

#tulis jawaban di kolom komentar sebutkan nama dan kelas!

58 komentar:

  1. Naya Farikhah
    X IPA 3

    1. Animisme adalah kepercayaan kepada roh roh nenek moyang yg telah meninggal dunia
    dinamisme adalah kepercayaan kepada benda benda yang dianggap gaib
    totemisme kepercayaan bahwa hewan tertentu dianggap suci dan dipuja 

    2. Karna faktor keberadaan lingkungan dan keberadaan manusianya

    BalasHapus
  2. Nama: Cantika laras
    Kelas: X IPA 3

    1.animisme=kepercayaan terhadap roh yang mendiami semua benda.

    dinamisme=kepercayaan bahwa segala sesuatu mempunyai tenaga atau kekuatan yg dapat mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan usaha dalam mempertahankan hidup.

    totemisme=kepercayaan bahwa hewan tertentu dianggap suci dan dipuja karena memiliki kekuatan supranatural.

    2. Karena dengan cara berburu dan meramu manusia purba bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Hidup manusia purba sejak zaman praaksara juga sudah bergantung pada alam

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Kharisma mustika sari
    X IPA 3
    Jawab:
    1.Animisme: kepercayaan terhadap nenek moyang Dinamisme: kepercayaan dan keyakinan bahwa semua benda mempunyai kekuatan gaib Totemisme: keyakinan bahwa binatang tertentu merupakan nenek moyang suatu masyarakat / orang tertentu
    2.karena mereka dahulu hidup berpindah pindah tempat/mengandalkan lingkungan untuk mencari makan.

    BalasHapus
  5. Nama : Dina Nurmala Hayati
    Kelas : X IPA 3
    1.-Kepercayaan Dinamisme adalah pemujaan terhadap roh nenek moyang yang telah meninggal menetap di tempat-tempat tertentu.
    -Kepercayaan Animisme yaitu  mempercayai bahwa setiap benda di Bumi ini mempunyai jiwa yang mesti dihormati agar roh tersebut tidak mengganggu manusia.
    -Kepercayaan Totemisme adalah mempercayai adanya daya atau sifat ilahi yang dikandung sebuah benda atau makhluk hidup selain manusia.
    2.Pada masa itu manusia pra aksara masih sangat bergantung dengan Sumber Daya Alam karena mereka belum mengerti bagaimana caranya bercocok tanam dan juga beternak.Oleh karena itu lah manusia pra aksara berburu hewan juga meramu untuk mempertahankan hidupnya.

    BalasHapus
  6. Nama:putri oktavia
    Kelas: X IPA 3

    1.-dinamisme adalah kepercayaan pada kekuatan alam dan benda-benda yang dianggap memiliki kekuatan gaib.
    -Animisme adalah suatu kepercayaan pada roh-roh nenek moyang, mereka yang menganut animism mempercayai kekuatan-kekuatan ghaib, dan hal-halghaib tersebut dipercayai sebagai roh-roh nenek moyang.
    -Totemisme adalah kepercayaan bahwa hewan tertentu dianggap suci dan dipuja karena memiliki kekuatan supranatural.

    2.Pada masa itu, manusia belum mengenal cara bercocok tanam. Mereka sangat bergantung pada alam yang tersedia. Segala yang terdapat disekitar, diambil dan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

    BalasHapus
  7. Nama : Sanes Nata Negara
    Kelas : X IPA 3

    > Jawab <
    1. • Animisme adalah tahap kelanjutan dari
    kepercayaan terhadap roh nenek moyang.
    • Dinamisme adalah kepercayaan bahwa segala sesuatu mempunyai tenaga atau kekuatan yang dapat memengaruhi keberhasilan atau kegagalan usaha manusia dalam mempertahankan hidup
    • Totemisme adalah kepercayaan bahwa hewan tertentu dianggap suci dan dipuja karena memiliki kekuatan supranatural.

    2. Hidup manusia purba sejak zaman praaksara juga sudah bergantung pada alam dan dengan berburu dan meramu manusia purba bisa memenuhi kebutuhan hidupnya

    BalasHapus
  8. Alya anugrah ningtyas
    X ipa 3

    1.animisme adalah kepercayaan terhadap roh nenek moyang

    dinamisme adalah kepercayaan kepada segala sesuatu yang mempunyai tenaga atau kekuatan

    totemisme adalah kepercayaan bahwa hewan tertentu di anggap suci

    2. karena untuk melangsungkan/mempertahankan kehidupan dan faktor lingkungan yang mendukung

    BalasHapus
  9. Alifa diva yusmutia
    X IPA 3

    1.- dinamisme adalah kepercayaan yang menghadap benda-benda tertentu memiliki kekuatan gaib. Seperti Kris,Jimat, dan lainnya
    - Animisme merupakan paham kepercayaan yang meyakini bahwa jiwa atau roh terdapat pada benda-benda tertentu, tidak hanya pada makhluk hidup. 
    - Totemisme adalah kepercayaan bahwa hewan tertentu dianggap suci dan dipujakarena memiliki kekuatan supranatural. Hewan yang dianggap suci seperti sapi,ular, dan lainnya.

    2.kerena pada masa itu mereka belum bisa mengolah tanaman dan makanan dengan baik, dan masih bergantung dengan sumber daya alam dan hasil buruan mereka.

    BalasHapus
  10. Ammar Faishal
    X IPA 3

    1.ANIMISME adalah kepercayaan manusia purba terhadap roh nenek moyang yang diyakini mendiami semua benda benda di alam sekitar dan memberi pengaruh yang kuat terhadap kehidupan.

    DINAMISME adalah kepercayaan manusia purba yang meyakini benda-benda tertentu memiliki kekuatan atau tenaga ghaib yang berpengaruh kuat terhadap kesuksesan dan juga kegagalan manusia dalam melakukan sesuatu.

    TOTEMISME adalah kepercayaan manusia purba yang meyakini bahwa hewan tertentu merupakan nenek moyang mereka oleh sebab itu hewan tersebut diperlakukan berbeda dengan hewan lainnya.

    2.karena untuk mempertahankan hidupnya

    BalasHapus
  11. Nama:Najwa Dian Azzahra
    Kelas:X IPA 3

    1 -Animisme adalah kepercayaan akan adanya roh atau makhluk halus
    -Dinamisme adalah kepercayaan bahwa segala sesuatu yang mempunyai tenaga atau kekuatan yang dapat memengaruhi keberhasilan atau kegagalan usaha manusia dalam mempertahankan hidup.
    -Totemisme adalah kepercayaan adanya daya atau kekuatan yang dikandung sebuah benda atau makhluk hidup selain manusia(seperti hewan)

    2 karena itulah cara mereka untuk bertahan hidup.
    Pada zaman paleothikum ini mendapatkan bahan makanan dengan cara berburu dan mengumpulkan makanan dengan memungut langsung dari alam(Food Gathering). Mereka sangat tergantung dengan persediaan makanan dari alam karena mereka belum mampu memproduksi makanan. Oleh karenanya mereka selalu berpindah pindah tempat(nomaden)mengikuti musim makanan. Apabila makanan di tempat mereka habis,maka mereka akan pindah ke tempat lain yang persediaan makananya masih mencukupi.

    BalasHapus
  12. Jeani dwi aulia
    X IPA 3
    1. Aninisme adalahManusia purba percaya setiap orang yang meninggal akan menjadi roh yang kemudian berpengaruh pada kehidupan di dunia. Pada kepercayaan animisme, manusia purba percaya terhadap roh yang mendiami semua benda.
    3.dinanisme adalah Dinamisme adalah kepercayaan bahwa segala sesuatu punya tenaga atau kekuatan yang dapat memengaruhi keberhasilan atau kegagalan usaha manusia
    3.totatisme adalah Totemisme adalah kepercayaan bahwa hewan tertentu dianggap suci dan dipuja karena memiliki kekuatan supranatural. Hewan yang dianggap suci misalnya sapi, Pada umumnya manusia purba pada masa berburu dan meramu memburu binatang antara lain kerbau liar, rusa, gajah, banteng dan badak. Sedangkan manusia purba yang hidup di sekitar pantai mereka berburu ikan dan karang.

    Kegiatan berburu umumnya dilakukan oleh kaum laki-laki, tugas wanita adalah mengumpulkan makanan yang tersedia di alam sekitar seperti ubi, buah-buahan, daun-daunan dan kacang kedelai., dan harimau.

    BalasHapus
  13. Ahmat Andri Firmansyah
    X IPA 3
    1. • Animisme adalah kepercayaan terhadap roh yang mendiami semua benda. Manusia purba percaya bahwa roh nenek moyang masih berpengaruh terhadap kehidupan di dunia.
    • Dinamisme adalah kepercayaan bahwa segala sesuatu mempunyai tenaga atau kekuatan yang dapat memengaruhi keberhasilan atau kegagalan usaha manusia dalam mempertahankan hidup.
    • Totemisme adalah kepercayaan bahwa hewan tertentu dianggap suci dan dipuja karena memiliki kekuatan supranatural. Hewan yang dianggap suci antara lain sapi, ular, dan harimau.

    2.karena Kebutuhan untuk hidup sangat bergantung pada alam

    BalasHapus
  14. Nama : Tiara intan gusti amalia
    Kelas : X ipa 3

    - Dinamisme adalah kepercayaan manusia terhadap binatang binatang tertentu sebagai lambang nenek moyang.
    - Animisme adalah kepercayaan manusia terhadap benda benda tertentu seperti batu dan pohon besar yang dipercaya mempunyai kekuatan gaib.
    - Totemisme adalah kepercayaan bahwa roh nenek moyang akan selalu mengawasi dan melindungi kehidupan mereka.

    Karna mereka belum mengenal sistem bercocok tanam, kebutuhan hidup mereka bergantung pada alam maka dari itu mereka hidup memburu itu memenuhi hidup mereka, alat prasarana mereka masih dibuat dari batu yang belum dihaluskan atau masih kasar, dan juga tempat tinggal mereka selalu berpindah pindah. Maka dari itu mereka hidup dengan memburu dan meramu.

    BalasHapus
  15. Nama : Nabila Nurlistanti
    Kelas : X IPA 3

    O1.
    -animisme adalah kepercayaan bahwa sebuah benda yang ada di bumi ini harus dihormati.
    -dinamisme adalah kepercayaan terhadap ruh nenek moyang yang mendiami sebuah benda seperti batu ataupun pohon.
    -totenisme adalah kepercayaan terhadap beberapa hewan yang dianggap suci dan supranatural.

    O2.
    karena mereka mempergunakan benda benda tersebut untuk berburu dan bertahan hidup di lingkungan mereka.

    BalasHapus
  16. Nama : M Ifris Putra L
    Kelas: X IPA 3

    1. Animisme adalah kepercayaan akan adanya roh atau makhluk halus

    Dinamisme adalah kepercayaan dan pemujaan akan bahwa benda-benda yang ditempati oleh roh atau makhluk halus

    Totemisme adalah kepercayaan adanya daya atau kekuatan yang dikandung sebuah benda atau makhluk hidup selain manusia (seperti hewan)

    2. Karena mereka bisa mendapatkan bahan makanan dengan cara berburu dan mengumpulkan makanan dengan memungut langsung dari alam,Mereka sangat bergantung dengan persediaan makanan dari alam karena mereka belum mampu memproduksi makanan.

    BalasHapus
  17. Nama : MUTIA AZ ZAHRA
    Kelas : X IPS 3

    1. Apa yang dimaksud dengan kepercayaan dinamisme, animisme dan totemisme?
    -Animisme adalah kepercayaan terhadap roh yang mendiami semua benda. Manusia purba percaya bahwa roh nenek moyang masih berpengaruh terhadap kehidupan di dunia.
    -Dinamisme adalah kepercayaan bahwa segala sesuatu mempunyai tenaga atau kekuatan yang dapat memengaruhi keberhasilan atau kegagalan usaha manusia dalam mempertahankan hidup.
    -Totemisme adalah kepercayaan bahwa hewan tertentu dianggap suci dan dipuja karena memiliki kekuatan supranatural.

    2.Mengapa manusia pra aksara pada masa itu hidup berburu dan meramu?
    -karena pada masa itu manusia pra aksara hidup berburu dan meramu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. dan manusia pra aksara pada masa itu masi tergantung dengan alam. Kehidupan manusia pra aksara pada masa itu juga sering hidup berkelompok, mereka bergerombol di tempat-tempat yang tersedia banyak bahan makanan dan airnya.

    BalasHapus
  18. Nama: Bagus Anggoro Putra
    Kelas:X IPS 3

    Animisme: kepercayaan terhadap roh yg mendiami semua benda

    Dinamisme: Kepercayaan Bahwa segala sesuatu mempunyai tenaga atau kekuatan yg dapat mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan usaha dalam mempertahankan hidup

    Totemisme: kepercayaan bahawa hewan
    Tertentu di anggap suci dan di puji karna memiliki kekuatan spiritual

    BalasHapus
  19. Nama: Bagus Anggoro Putra
    Kelas:X IPS 3

    Animisme: kepercayaan terhadap roh yg mendiami semua benda

    Dinamisme: Kepercayaan Bahwa segala sesuatu mempunyai tenaga atau kekuatan yg dapat mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan usaha dalam mempertahankan hidup

    Totemisme: kepercayaan bahawa hewan
    Tertentu di anggap suci dan di puji karna memiliki kekuatan spiritual

    BalasHapus
  20. Nama : Nanda Gholamul Faizi
    Kelas : X IPA 3
    1.Kepercayaan Dinamisme adalah pemujaan terhadap roh nenek moyang yang telah meninggal menetap di tempat-tempat tertentu.
    -Kepercayaan Animisme yaitu mempercayai bahwa setiap benda di Bumi ini mempunyai jiwa yang mesti dihormati agar roh tersebut tidak mengganggu manusia.
    -Kepercayaan Totemisme adalah mempercayai adanya daya atau sifat ilahi yang dikandung sebuah benda atau makhluk hidup selain manusia.

    BalasHapus
  21. Rendy Kurniawan
    X IPS 2

    1. Animisme : suatu kepercayaan pada roh-roh nenek moyang
    Dinamisme : suatu kepercayaan pada benda-benda gaib
    Totemisme : suatu kepercayaan pada benda/makhluk hidup selain
    manusia yaitu hewan yang memiliki daya atau kekuatan.

    BalasHapus
  22. 2. karena untuk melangsungkan/mempertahankan hidup mereka.

    BalasHapus
  23. Ammara Dara Aisyah
    X IPS 3

    Jawaban :
    1.Animisme adalah kepercayaan akan adanya roh atau makhluk halus

    Dinamisme adalah kepercayaan dan pemujaan akan bahwa benda-benda yang ditempati oleh roh atau makhluk halus

    Totemisme adalah kepercayaan adanya kekuatan yang dikandung sebuah benda atau hewan

    2.Karena pada saat itu mereka sangat bergantung kepada sumber daya alam

    BalasHapus
  24. Kurnia dita indriana
    X ips2

    1. Apa yang dimaksud dengan kepercayaan dinamisme, animisme dan totemisme?
    -Animisme adalah kepercayaan terhadap roh yang mendiami semua benda. Manusia purba percaya bahwa roh nenek moyang masih berpengaruh terhadap kehidupan di dunia.
    -Dinamisme adalah kepercayaan bahwa segala sesuatu mempunyai tenaga atau kekuatan yang dapat memengaruhi keberhasilan atau kegagalan usaha manusia dalam mempertahankan hidup.
    -Totemisme adalah kepercayaan bahwa hewan tertentu dianggap suci dan dipuja karena memiliki kekuatan supranatural.

    2.Mengapa manusia pra aksara pada masa itu hidup berburu dan meramu?kehidupan manusia praaksara pada masa berburu dan meramu yaitu bertempat tinggal secara tidak tetap di gua-gua alam.
    Manusia pra aksara masa berburu dan meramu tinggal di gua-gua yang berbentuk seperti payung yang setiap saat mudah untuk ditinggalkan apabila sudah tidak memungkinkan lagi tinggal di tempat tersebut.

    BalasHapus
  25. Syahrialdi Rachim Akbar
    X IPA 3

    1. Animisme=kepercayaan terhadap roh yang mendiami semua benda.

    dinamisme=kepercayaan bahwa segala sesuatu mempunyai tenaga atau kekuatan yg dapat mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan usaha dalam mempertahankan hidup.

    totemisme=kepercayaan bahwa hewan tertentu dianggap suci dan dipuja karena memiliki kekuatan supranatural.

    2. Karena pada zaman dulu, manusia belum mengenal bercocok tanam dan mencari makan dengan cara berburu hewan dan bergantung kepada sumber daya alam untuk bertahan hidup

    BalasHapus
  26. Nelly Ariefiani Lako
    X IPA 3.

    1. Animisme : kepercayaan kepada roh (nenek moyang) atau makhluk gaib

    2. Dinamisme : kepercayaan kepada benda benda yang di anggap kramat dan memiliki kekuatan tersendiri

    3. Totetisme : kepercayaan kepada hewan karena hewan itu di percaya memiliki kekuatan gaib

    4. Karena pada saat itu manusia pra aksara sangat bergantung kepada alam sehingga mereka harus meramu dan berburu untuk bertahan hidup

    BalasHapus
  27. Ayu undari
    X IPA 3

    1.animisme=kepercayaan terhadap roh yang mendiami semua benda.

    dinamisme=kepercayaan bahwa segala sesuatu mempunyai tenaga atau kekuatan yg dapat mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan usaha dalam mempertahankan hidup.

    totemisme=kepercayaan bahwa hewan tertentu dianggap suci dan dipuja karena memiliki kekuatan supranatural.

    2.kehidupan manusia praaksara pada masa berburu dan meramu yaitu bertempat tinggal secara tidak tetap di gua-gua alam.

    Manusia pra aksara masa berburu dan meramu tinggal di gua-gua yang berbentuk seperti payung yang setiap saat mudah untuk ditinggalkan apabila sudah tidak memungkinkan lagi tinggal di tempat tersebut.

    BalasHapus
  28. Tiur Aulia Madhany
    X IPA 3

    1.) Animisme adalah kepercayaan akan adanya roh atau makhluk halus
    Dinamisme=kepercayaan bahwa segala sesuatu mempunyai tenaga atau kekuatan yg dapat mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan usaha dalam mempertahankan hidup.
    Totemisme=kepercayaan bahwa hewan tertentu dianggap suci dan dipuja karena memiliki kekuatan supranatural.

    2.) Karna mereka belum mengenal sistem bercocok tanam, kebutuhan hidup mereka bergantung pada alam maka dari itu mereka hidup memburu itu memenuhi hidup mereka, alat prasarana mereka masih dibuat dari batu yang belum dihaluskan atau masih kasar, dan juga tempat tinggal mereka selalu berpindah pindah dan mereka juga bergantung pada alam.

    BalasHapus
  29. M.Caisar kahfie
    X ips 2
    Jawaban :
    dinamisme=kepercayaan bahwa segala sesuatu mempunyai tenaga atau kekuatan yg dapat mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan usaha dalam mempertahankan hidup. totemisme=kepercayaan bahwa hewan tertentu dianggap suci dan dipuja karena memiliki kekuatan supranatural
    1 animisme adalah kepercayaan kepada roh-roh nenek moyang yang telah meninggal dunia
    Totemisme kepercayaan bahwa hewan tertentu dianggap suci dan dipuja karena memiliki kekuatan supranatual
    2.karena kehidupan manusia praaksara pada masa berburu dan meramu yaitu bertempat tinggal secara tidak tetap di gua-gua alam.

    BalasHapus
  30. Yunita Sari
    X ipa 3

    Jawaban:
    1. animisme=kepercayaan terhadap roh yang mendiami semua benda.

    dinamisme=kepercayaan bahwa segala sesuatu mempunyai tenaga atau kekuatan yg dapat mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan usaha dalam mempertahankan hidup.

    totemisme=kepercayaan bahwa hewan tertentu dianggap suci dan dipuja karena memiliki kekuatan supranatural.

    2. Karena manusia purba/pra aksara melakukan hal itu untuk mempertahankan dan sebagai ke berlangsungan bagi hidupnya

    BalasHapus
  31. Farrel eka sampurna
    X IPA 3

    Dinamisme (dalam kaitan agama dan kepercayaan) adalah pemujaan terhadap roh nenek moyang yang telah meninggal menetap di tempat-tempat tertentu, seperti pohon-pohon besar. Arwah nenek moyang itu sering dimintai tolong untuk urusan mereka

    Animisme mempercayai bahwa setiap benda di Bumi ini (seperti kawasan tertentu, gua, pohon atau batu besar), mempunyai jiwa yang mesti dihormati agar roh tersebut tidak mengganggu manusia, malah membantu mereka dari roh jahat dalam kehidupan seharian mereka.

    Totemisme adalah istilah menunjuk pada suatukepercayaan atau agama yang hidup pada sebuah komunitas atau organisasi yang mempercayai adanya daya atau sifat ilahi yang dikandung sebuah benda atau makhluk hidup selain manusia.

    karena pada masa itu manusia pra aksara masih mengandalkan alam

    BalasHapus
  32. M.Caisar kahfie
    X ips 2
    Jawaban :
    dinamisme=kepercayaan bahwa segala sesuatu mempunyai tenaga atau kekuatan yg dapat mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan usaha dalam mempertahankan hidup. totemisme=kepercayaan bahwa hewan tertentu dianggap suci dan dipuja karena memiliki kekuatan supranatural
    1 animisme adalah kepercayaan kepada roh-roh nenek moyang yang telah meninggal dunia
    Totemisme kepercayaan bahwa hewan tertentu dianggap suci dan dipuja karena memiliki kekuatan supranatual
    2.karena kehidupan manusia praaksara pada masa berburu dan meramu yaitu bertempat tinggal secara tidak tetap di gua-gua alam.

    BalasHapus
  33. Nama:Zahra choirunnisa
    Kelas:X IPA 3

    1.animisme=kepercayaan terhadap roh yang mendiami semua benda.

    dinamisme=kepercayaan bahwa segala sesuatu mempunyai tenaga atau kekuatan yg dapat mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan usaha dalam mempertahankan hidup.

    totemisme=kepercayaan bahwa hewan tertentu dianggap suci dan dipuja karena memiliki kekuatan supranatural.

    2. Karena dengan cara berburu dan meramu manusia purba bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Hidup manusia purba sejak zaman praaksara juga sudah bergantung pada alam

    BalasHapus
  34. Rendy Kurniawan
    X IPS 2

    1. Animisme : suatu kepercayaan pada roh-roh nenek moyang
    Dinamisme : suatu kepercayaan pada benda-benda gaib
    Totemisme : suatu kepercayaan pada benda/makhluk hidup selain
    manusia yaitu hewan yang memiliki daya atau kekuatan.

    2. karena untuk melangsungkan/mempertahankan hidup mereka

    BalasHapus
  35. Meilisa Sarah
    X IPS 2

    -Animisme adalah tahap kelanjutan
    dari kepercayaan terhadap roh
    nenek moyang. Mereka mulai
    memahami sebab-sebab gejala alam
    yangg terjadi.
    -Dinamisme adalah kepercayaan dan pemujaan akan bahwa benda-benda yang ditempati oleh roh atau makhluk halus.
    -Totemisme adalah kepercayaan bahwa hewan tertentu dianggap suci dan dipuja karena memiliki kekuatan supranatural.

    2. Karena untuk bertahan hidup mereka harus berburu dan meramu mengumpulkan makanan" yang dibutuhkan mereka seperti makanan yang tersedia dari alam (sungai, danau, laut, dan hutan hutan yang ada disekitar pemukiman mereka pada saat itu).

    BalasHapus
  36. M.FASHA AGUSTAMA
    X IPS 2

    1.animisme=kepercayaan terhadap roh yang mendiami semua benda.

    dinamisme=kepercayaan bahwa segala sesuatu mempunyai tenaga atau kekuatan yg dapat mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan usaha dalam mempertahankan hidup.

    totemisme=kepercayaan bahwa hewan tertentu dianggap suci dan dipuja karena memiliki kekuatan supranatural.

    2.untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan mengandalkan alam sekitar

    BalasHapus
  37. Nama :Mutiara Maharany
    Kelas:XIPS2
    1.
    -Animisme adalah kepercayaan terhadap roh yang mendiami semua benda.
    -Dinamisme adalah kepercayaan bahwa segala sesuatu mempunyai tenaga atau kekuatan yang dapat memengaruhi keberhasilan atau kegagalan usaha manusia dalam mempertahankan hidup.
    -Totemisme adalah kepercayaan bahwa hewan tertentu dianggap suci dan dipuja karena memiliki kekuatan supranatural.
    2.Karna manusia pada masa praaksara hidup berpindah pindah(nomaden).mereka biasanya hidup didalam goa untuk mendapatkan perlindungan serta sumber makanan,mereka memenuhi kebutuhan makanannya mengandalkan alam sekitarnya dan sumber air mereka biasanya itu ditepi sungai

    BalasHapus
  38. Nama:sopana al abid
    Kelas:X IPS 2

    1.
    • Animisme adalah kepercayaan terhadap roh yang mendiami semua benda. Manusia purba percaya bahwa roh nenek moyang masih berpengaruh terhadap kehidupan di dunia.
    • Dinamisme adalah kepercayaan bahwa segala sesuatu mempunyai tenaga atau kekuatan yang dapat memengaruhi keberhasilan atau kegagalan usaha manusia dalam mempertahankan hidup.

    • Totemisme adalah kepercayaan bahwa hewan tertentu dianggap suci dan dipuja karena memiliki kekuatan supranatural. Hewan yang dianggap suci antara lain sapi, ular, dan harimau.

    2.karena pada jaman pra aksara hutan dan binatang binatang liar masih terjaga dan sember makanan mereka pun dari hutan dan binatang liar

    BalasHapus
  39. Nama:sopana al abid
    Kelas:X IPS 2

    1.
    • Animisme adalah kepercayaan terhadap roh yang mendiami semua benda. Manusia purba percaya bahwa roh nenek moyang masih berpengaruh terhadap kehidupan di dunia.
    • Dinamisme adalah kepercayaan bahwa segala sesuatu mempunyai tenaga atau kekuatan yang dapat memengaruhi keberhasilan atau kegagalan usaha manusia dalam mempertahankan hidup.

    • Totemisme adalah kepercayaan bahwa hewan tertentu dianggap suci dan dipuja karena memiliki kekuatan supranatural. Hewan yang dianggap suci antara lain sapi, ular, dan harimau.

    2.karena pada jaman pra aksara hutan dan binatang binatang liar masih terjaga dan sember makanan mereka pun dari hutan dan binatang liar

    BalasHapus
  40. Ayu widya ningsih
    X ips2


    1).•Dinamisme yaitu kepercayaan bahwa
    segala sesuatu mempunyai
    tenaga atau kekuatan yang dapat
    memengaruhi keberhasilan atau
    kegagalan usaha manusia dalam
    mempertahankan hidup.

    •Animisme yaitu tahap kelanjutan
    dari Kepercayaan terhadap roh
    nenek moyang.


    •Totemisme yaitu keperkepercayaan
    bahwa Hewan tertentu dianggap suci
    dan dipuja karna memiliki kekuatan
    Supranatural.

    2). karena dengan berburu dan meramu
    mereka bisa mempertahankan
    hidupnya,dan pada saat itu pun
    mereka masih menggunakan alat yang
    dibuat dari batu yang masih kasar
    untuk berburu.

    BalasHapus
  41. Veni Kurnia Ningrum Hermanto
    Xips2




    1. • Animisme adalah kepercayaan terhadap roh yang mendiami semua benda. Manusia purba percaya bahwa roh nenek moyang masih berpengaruh terhadap kehidupan di dunia.
    • Dinamisme adalah kepercayaan bahwa segala sesuatu mempunyai tenaga atau kekuatan yang dapat memengaruhi keberhasilan atau kegagalan usaha manusia dalam mempertahankan hidup.
    • Totemisme adalah kepercayaan bahwa hewan tertentu dianggap suci dan dipuja karena memiliki kekuatan supranatural. Hewan yang dianggap suci antara lain sapi, ular, dan harimau.

    2.karena Kebutuhan untuk hidup sangat bergantung pada alam

    BalasHapus
  42. Aisyah Maharani
    X IPS 3

    1. DINAMISME adalah kepercayaan bahwa segala sesuatu mempunyai tenaga atau kekuatan yang dapat mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan.
    ANIMISME adalah kepercayaan terhadap roh nenek moyang yang mendiami semua benda.
    TOTEMISME adalah kepercayaan bahwa hewan tertentu dianggap suci dan di puja karena memiliki kekuatan supranatural.
    2. Karena pada saat itu manusia belum mengenal bercocok tanam dan dia sangat bergantung pada alam yang tersedia.

    BalasHapus
  43. Maulana Toha Fauzi
    X IPS 3

    -animisme=kepercayaan terhadap roh yang mendiami semua benda.

    -dinamisme=kepercayaan bahwa segala sesuatu mempunyai tenaga atau kekuatan yg dapat mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan usaha dalam mempertahankan hidup.

    -totemisme=kepercayaan bahwa hewan tertentu dianggap suci dan dipuja karena memiliki kekuatan supranatural.

    - Karena dengan cara berburu dan meramu manusia purba bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Hidup manusia purba sejak zaman praaksara juga sudah bergantung pada alam

    BalasHapus
  44. Haikal Rasya
    X IPA 3

    1.)a. Animisme : kepercayaan terhadap roh dari nenek moyang
    b. Dinamisme : Kepercayaan terhadap suatu benda gaib
    c. Totemisme : Kepercayaan terhadap suatu agama atau kelompok kaum tsb

    2.) Karena Berburu dan meramu adalah suatu kebutuhan hidup para manusia itu di jamannya

    BalasHapus
  45. Evita Windi Setya Ningrum
    X IPS 2


    1. animisme : kepercayaan terhadap roh yang mendiami semua benda.

    dinamisme : kepercayaan bahwa segala sesuatu mempunyai tenaga atau kekuatan yg dapat mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan usaha dalam mempertahankan hidup.

    totemisme : kepercayaan bahwa hewan tertentu dianggap suci dan dipuja karena memiliki kekuatan supranatural.

    2. Karena dengan cara berburu dan meramu manusia purba bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Hidup manusia purba sejak zaman praaksara juga sudah bergantung pada alam

    BalasHapus
  46. Intan Marlida
    X IPS 3


    1) Animisme adalah kepercayaan akan adanya roh atau makhluk halus

    Dinamisme adalah kepercayaan dan pemujaan akan bahwa benda-benda yang ditempati oleh roh atau makhluk halus

    Totemisme adalah kepercayaan adanya kekuatan yang dikandung sebuah benda atau hewan

    2) Karena pada saat itu mereka sangat bergantung kepada sumber daya alam, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya

    BalasHapus
  47. Rizkia Nindi Defrilia
    X IPS 3

    1. Animisme : kepercayaan terhadap roh yang mendiami semua benda.

    Dinamisme : kepercayaan bahwa segala sesuatu mempunyai tenanga atau kekuatan yang dapat mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan usaha dalam mempertahankan hidup.

    Totemisme : kepercayaan bahwa hewan tertentu dianggap suci dan dipuja karena memiliki kekuatan supranatural.

    2. Kehidupan manusia pra aksara pada masa berburu dan meramu yaitu bertempat tinggal secara tidak tetap di gua-gua alam

    BalasHapus
  48. Raya Rafael P
    X IPS 2


    1.animisme:kepercayan bahwasegala sesuatu
    Mempunyai tenaga atau kekuatan yang
    Dapat mempengaruhi keberhasilan atau
    Kegagalan usaha dalam mepertahankan
    Hidup.


    Totenisme :kepercayan bahwa hewan tertentu
    Dianggap suci dan dipuji karena mrmiliki kekuatan supranatural.

    BalasHapus
  49. M.Fauzan Akbar
    X IPS 2

    1.Animisme : kepercayaan terhadap roh yang mendiami semua benda.

    Dinamisme : kepercayaan bahwa segala sesuatu mempunyai tenanga atau kekuatan yang dapat mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan usaha dalam mempertahankan hidup.

    Totemisme : kepercayaan bahwa hewan tertentu dianggap suci dan dipuja karena memiliki kekuatan supranatural.

    2. Kehidupan manusia pra aksara pada masa berburu dan meramu yaitu bertempat tinggal secara tidak tetap di gua-gua alam

    BalasHapus
  50. Selvi Varadila
    X IPS 3

    1.Animisme : kepercayaan akan adanya roh yang mempengaruhi kehidupan manusia.

    Dinamisme : kepercayaan bahwa segala sesuatu mempunyai tenaga atau kekuatan yang dapat mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan usaha manusia dalam mempertahankan hidup.

    Totenisme : kepercayaan hewan tertentu dianggap sebagai hewan yang memiliki kekuatan tertentu.

    2.Karena pada saat itu manusia pra aksara sangat bergantung pada alam sehingga mereka harus berburu dan meramu untuk bertahan hidup.

    BalasHapus
  51. Nama : Syifa Fauziya Azzahra
    Kelas: X ips2

    1) •animisme=kepercayaan terhadap roh yang mendiami semua benda.

    •dinamisme=kepercayaan bahwa segala sesuatu mempunyai tenaga atau kekuatan yg dapat mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan usaha dalam mempertahankan hidup.

    •totemisme=kepercayaan bahwa hewan tertentu dianggap suci dan dipuja karena memiliki kekuatan supranatural

    2)• karena Kehidupan manusia purba pada waktu itu juga sering Hidup Berkelompok, mereka bergerombol di tempat-tempat yang tersedia banyak bahan makanan dan airnya.

    BalasHapus
  52. Nama : Rival Syaputra
    Kelas : X IPS 3

    1.•animisme=kepercayaan terhadap roh yang mendiami semua benda.

    •dinamisme=kepercayaan bahwa segala sesuatu mempunyai tenaga atau kekuatan yg dapat mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan usaha dalam mempertahankan hidup.

    •totemisme=kepercayaan bahwa hewan tertentu dianggap suci dan dipuja karena memiliki kekuatan supranatural.

    2.kehidupan manusia praaksara pada masa berburu dan meramu yaitu bertempat tinggal secara tidak tetap di gua-gua alam.

    BalasHapus
  53. Noviya Putri
    X IPS 3

    1. Dinamisme adalah kepercayaan bahwa segala sesuatu mempunyai tenaga atau kekuatan yang dapat memengaruhi keberhasilan atau kegagalan usaha manusia dalam mempertahankan hidup. Mereka percaya terhadap kekuatan gaib dan kekuatan itu dapat menolong mereka. Kekuatan gaib itu terdapat di dalam benda-benda seperti keris, patung, gunung, pohon besar, dll. Untuk mendapatkan pertolongan kekuatan gaib tersebut, mereka melakukan upacara pemberian sesaji, atau ritual lainnya. Animisme adalah kepercayaaan terhdap roh halus/nenek moyang. Totemisme adalah kepercayaan bahwa hewan tertentu dianggap suci dan dipuja karena memiliki kekuatan supranatural. Hewan yang dianggap suci antara lain sapi, ular, dan harimau.
    2. Karena pada masa itu manusia purba masih sangat bergantung dengan alam. Mereka belum mengenal bercocok tanam,sehingga manusia hidup berburu dan meramu.

    BalasHapus
  54. Nama : Prita Yana Falihah
    Kelas : X IPS 2

    1. animisme=kepercayaan terhadap roh yang mendiami semua benda.

    dinamisme=kepercayaan bahwa segala sesuatu mempunyai tenaga atau kekuatan yg dapat mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan usaha dalam mempertahankan hidup.

    totemisme=kepercayaan bahwa hewan tertentu dianggap suci dan dipuja karena memiliki kekuatan supranatural.

    2.karena pada saat itu belum ada panemuan

    BalasHapus
  55. Nama:Fadhlan Satria Ahmad
    Kelas:X IPS 3

    1. Animisme:kepercayaan kepada roh roh nenek moyang yg telah meninggal dunia
    dinamisme:kepercayaan kepada benda benda yang dianggap gaib
    totemisme:kepercayaan bahwa hewan tertentu dianggap suci dan dipuja

    2.Pada masa itu manusia belum mengenal cara bercocok tanam.Mereka sangat bergantung pada alam yang tersedia. Segala yang terdapat disekitar, diambil dan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

    BalasHapus
  56. Raisa khairunnisa ghassani
    X IPS 3

    1. animisme adalah kepercayaan kepada roh roh nenek moyang yg telah meninggal dunia

    dinamisme adalah kepercayaan kepada benda benda yang dianggap gaib

     tetonisme adalah kepercayaan bahwa hewan tertentu dianggap suci dan dipuja karena memiliki kekuatan supranatural. Hewan yang dianggap suci antara lain sapi, ular, dan harimau

    2. Karena manusia purba akan senantiasa berpindah dari tempat satu ke tempat yang lain, Mereka meninggalkan tempat jika bahan makanan ditempat tersebut habis.

    BalasHapus
  57. Rizki Ananda Putri
    X IPS 2
    1.
    -Animisme: kepercayaan terhadap roh yang mendiami sebuah benda
    -dinamisme kepercayaan segala sesuatu mempunyai kekuatan yang dapat mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan usaha dalam mempertahankan hidup
    -Totemisme kepercayaan bahwa hewan tertentu dianggap Suci dan dipuja karena memiliki kekuatan supranatural
    2.Karena pada saat itu manusia belum mengenal bercocok-tanam dan sangat ketergantungan terhadap alam

    BalasHapus
  58. nama:ranti retno wulan
    kelas:x ips 2

    1.
    -animisme:kepercayaan terhadap roh yang mendiami semua benda.

    -dinamisme:kepercayaan bahwa segala sesuatu mempunyai tenaga atau kekuatan yg dapat mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan usaha dalam mempertahankan hidup.

    -totemisme:kepercayaan bahwa hewan tertentu dianggap suci dan dipuja karena memiliki kekuatan supranatural.

    2.karena pada saat itu mereka masih memgandalkan alam dan senantiasa pindah satu tempat ke tempat lainnya.

    BalasHapus